Power Monitoring

Power Monitoring

System Power Monitoring
Wildan Maulana
1220301010
Mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jurusan Teknik Elektro Program Studi Instrumentasi dan Otomasi Industri
Email : maulanawildan_12@yahoo.co.id



1.      Pendahuluan
Di industri masih jarang bahkan mungkin belum ada suatu system yang digunakan untuk mengetahui historis pemakaian daya listrik secara lengkap, mereka hanya mengetahui daya akhir yang digunakan dari sistem tersebut.
Pemakaian daya listrik baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun dalam dunia industri mempunyai beban yang bersifat reaktif induktif. Kerugian daya yang disebabkan beban reaktif induktif bisa dikurangi dengan daya reaktif kapasitif yang bisa diperoleh dengan memasang rangkaian kapasitor (kapasitor bank) paralel dengan beban
Bagaimana agar dapat mengukur apa yang tidak terlihat, Satu-satunya cara untuk mengukur sesuatu dengan beberapa jenis instrumen. Pemantauan listrik untuk waktu yang lama. Proses ini sangat terlibat dengan teknis dan biasanya digunakan oleh produsen besar untuk mengontrol dan memantau kekuatan tersebut.

2.      Tujuan Power Monitoring

·         Manjaga agar kebijakan yang sedang diimplementasikan sesuai dengan tujuan dan sasaran.
·         Menemukan kesalahan sedini mungkin sehingga mengurangi risiko yang lebih besar.
·         Melakukan tindakan modifikasi terhadap kebijakan apabila hasil monitoring mengharuskan untuk itu.
  • Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan.
  • Monitoring dilakukan ketika sebuah kebijakan sedang diimplementasikan.
  • Monitoring diperlukan agar kesalahan awal dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan perbaikan, sehingga mengurangi risiko yang lebih besar.
3.      Dasar Teori

·         Monitoring (pemantauan)
Monitoring adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran (awareness) tentang apa yang ingin diketahui, pemantauan berkadar tingkat tinggi dilakukan agar dapat membuat pengukuran melalui waktu yang menunjukkan pergerakan ke arah tujuan atau menjauh dari itu. Monitoring akan memberikan informasi tentang status dan kecenderungan bahwa pengukuran dan evaluasi yang diselesaikan berulang dari waktu ke waktu, pemantauan umumnya dilakukan untuk tujuan tertentu, untuk memeriksa terhadap proses berikut objek atau untuk mengevaluasi kondisi atau kemajuan menuju tujuan hasil manajemen atas efek tindakan dari beberapa jenis antara lain tindakan untuk mempertahankan manajemen yang sedang berjalan. Monitoring menyediakan data dasar untuk menjawab permasalahan.

·         Power Monitoring
Power monitoring adalah proses pengumpulan data daya dan pengukuran kemajuan daya atas objektif program atau memantau perubahan, yang focus pada proses daya dan keluaran daya.

·         Data dan Informasi untuk monitoring

§  Metode dokumentasi: dari berbagai laporan kegiatan seperti laporan tahunan/semesteran/bulanan.
§  Metode survei: tujuannya untuk menjaring data dari para stakeholders, terutama kelompok sasaran.
§  Metode observasi lapangan: untuk mengamati data empiris di lapangan dan bertujuan untuk lebih meyakinkan dalam membuat penilaian tentang proses dari kebijakan. Dapat digunakan untuk melengkapi metode survei.
§  Metode wawancara: pedoman wawancara yang menanyakan berbagai aspek yang berhubungan dengan implementasi kebijakan perlu dipersiapkan.
§  Metode campuran: misalnya campuran antara metode dokumentasi dan survei, atau metode survei dan observasi, atau dengan menggunakan ketiga atau bahkan keempat metode di atas
§  Metode FGD: dengan melakukan pertemuan dan diskusi dengan para stakeholdersyang bervariasi. Dengan cara demikian, maka berbagai informasi yang lebih valid akan dapat diperoleh melalui cross check data dan informasi dari berbagai sumber.

·         Jenis-jenis Monitoring
§   Kepatuhan (compliance): jenis monitoring untuk menentukan tingkat kepatuhan implementor terhadap standar dan prosedur yang telah ditetapkan.
§   Pemeriksaaan (auditing): jenis monitoring untuk melihat sejauh mana sumberdaya dan pelayanan sampai pada kelompok sasaran.
§   Akuntansi (accounting): jenis monitoring untuk mengkalkulasi perubahan sosial dan ekonomi yang terjadi setelah diimplementasikan suatu kebijakan.
§   Eksplanasi (explanation): jenis monitoring untuk menjelaskan adanya perbedaan antara hasil dan tujuan kebijakan.

4.      Pembahasan
Sistem tenaga listrik berkembang terus mengikuti kebutuhan konsumen akan tenaga listrik. Untuk dapat mengoperasikan system tenaga listrik yang terus berkembang, maka fasilitas operasi khususnya untuk system monitoring dan control juga harus dikembangkan. Ke depan, teknik tenaga lsitrik menuju ke wilayah hijau dan intelligent. Hijau berarti ramah lingkungan, sedangkan intelligent dapat diartikan pintar dan otomasi.
Untuk itu pengembangan system monitoring dan kontrol untuk operasi system tenaga harus mencakup strategi-strategi sebagai berikut :
a)      Dapat meningkatkan keandalan dan power quality.
Keandalan berkaitan dengan waktu kegagalan. Diupayakan agar waktu kegagalan dapat dikurangi seminimal mungkin untuk mendapatkan nilai keandalan yang tinggi. Sedangkan power quality lebih mengarah kepada kualitas dari tenaga listrik yang dihasilkan, seprti pengaturan tegangan, frekwensi dan lain-lain. Pengembangan system monitoring dan control ke depan harus dibangun dengan tujuan untuk menghasilkan keandalan yang tinggi dan power quality yang sesuai standard.

b)     Dapat mengurangi biaya operasi
Untuk keperluan penyediaan tenaga listrik bagi para pelanggan diperlukan beberapa peralatan listrik yang dihubungkan satu dengan yang lain dan mempunyai relasi secara keseluruhan akan membentuk satu system tenaga. Peralatan listrik yang dimaksudkan disini adalah sekumpulan pusat pembangkit listrik yang dihubungkan oleh jaringan transmisi dengan pusat beban (dalam hal ini gardu induk) sehingga menjadi suatu kesatuan interkoneksi.
Dalam operasi system tenaga listrik yaitu pada proses penyediaan tenaga listrik bagi para pelanggan, memerlukan biaya bahan bakar yang tinggi dan terdapat rugi-rugi jaringan. Keduanya merupakan factor-faktor yang harus ditekan agar menjadi sekecil mungkin dengan tetap memperhatikan mutu dan keandalan system dalam menyuplai daya.

c)      Meningkatkan outage restoration time
Tidak bisa dipungkiri bahwa gangguan terhadap operasi system tenaga listrik pasti akan terjadi. Hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi gangguan dan yang paling penting adalah jika terjadi gangguan, bagaimana dapat mempercepat waktu keluaran akibat gangguan ke kondisi normal lebih cepat.

d)     Meningkatkan pelayanan kepada konsumen
Tujuan akhir proses penyediaan tenaga listrik adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Peningkatan pelayanan harus terus dilakukan agar konsumen dapat menikmati tenaga listrik sesuai yang diharapkan. Pengembangan monitoring dan control tentunya harus memperhatikan faktor-faktor tersebut.

e)      Real time data
Real time data didapatkan dari system real time monitoring yang dapat memberikan informasi secara real time tentang keadaan status system agar dapat dijadikan dasar untuk melakukan tindakan yang lebih cepat untuk pemulihan, proteksi atau tindakan lainnya.

5.      Simpulan

§  Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan.
§  Monitoring dilakukan ketika sebuah kebijakan sedang diimplementasikan.
§  Monitoring diperlukan agar kesalahan awal dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan perbaikan, sehingga mengurangi risiko yang lebih besar
§  Energi listrik merupakan hal terpenting dalam kehidupan masyarakat sekarang ini. Pemantauan terhadap  pemakaian energi listrik diperlukan untuk  mengurangi pengunaan daya energi listrik berlebihan, untuk itu perlu adanya alat instrument monitoring pengunaan daya energi listrik, batasan  pengunaan daya  dan  proteksi  daya  Listrik.


6.      Daftar Pustaka

·         Listrik / Elektrik Power System, 15 Maret 2007, http://listrik-listrik.blogspot.co.id/2007/03/sistem-monitoring-kontrol-dan-proteksi.html
·         Wikipedia, 12 Mei 2014, https://id.wikipedia.org/wiki/Monitoring





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 9:54 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Followers