Kamus Istilah Perbankan

Kamus Istilah Perbankan

KAMUS ISTILAH PERBANKAN



Amanat Sebulan
Amanat beli dan amanat jual atau beli yang hanya berlaku sampai hari bursa yang berakhir di dalam bulan amanat yang di berikan

Amanat Mingguan
Amanat beli dan atau amanat jual yang hany aberlaku dalam satu minggu(samapai hari jumat di dalam pekan amanat di berikan)

Peraturan Perioritas mutlak
Peraturang tetang perioritas mutlak,bahwa si pemberi pinjmaan harus didahulukan daripada yang lain atas segala tagihan hak Milik.Peraturan twesebut memungkinkan perundanga jadwal pembayaran,menyusun kembali utang dan tetap mengakui pinjaman kepada peminjam.

Akuntansi
Profesi yang menggunkan teori tertentu,asumsi mengenai car abertindak,peraturan car mengukur dan prosedur untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berguna tentang kegiatan dan tujuan yang menyangkut keuangan suatu organisasi.akuntansi di bedakan antara akuntansu unyuk perusahaan,Akunkansi untuk Pemerintah dan akuntansi Makro atau akun tansi sosial.

Akuntan
Seseorang yang mempunyai keahlian di dalam bidang akuntansi.Perannya di bedakan antara Akuntan intern yang bekerja pada suatu perusahaan.Akuntan pemerintah yang bekerja pada negara dan akuntan publik yang memberikan jasa profesinya kepada masyarakat.akuntan Negara dan akuntan publik baru bias menjalankan profesinya setelah mendapatkan izin dari menteri keuangan.

Accounting
Pencatatn mengenai kegiatan keuangan dan pelaporan pencatatan tersebut.akuntansi dan accounting sering diartikan sama.

Bunga yang tumbuh
Bunga yang di himpun sejak pembayran yangterakhir sampai penjualan suatu obligasi atau suatu penghaslan tetap suatu surat berharga.pada saat pembelian si pembeli membayar si penjual harga obligasi di tambah bunga yang tumbuh,yang di hitung berdasarkan perkalian tarif kupon bunga dikalikan dengan jumlah hari yang telah berlaku sejak pembayaran terkhir,Bunga yang tumbuh juga di gunakan di dalam kerjasama, terbatas usaha pertahanan dan bangunan bila si penjual bangunan mengambil sejumlah uang sekaligus tatkla menjual dan memberikan obligasi hipotik kedua kepada pemegang berikutnya.jika pendapatan sewa dari bangunan tersebut tidak dapat menutup prmbayaran bunga obligasi hipotik,sipenjual setuju memberikan bunganya tumbuh sampai bangunan tersebut di terjual kepada seseorang.amerika serikat membatasi perjanjian bunga yang tumnuh dengan menggunakan undang undang pajak tahun 1984.

Akumulasi penghimpun sejumlah dana
Keuangan Perusahaan : laba yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham,juga biasa di sebut sebagai laba di tahan.
penanaman modal :pembelian sejumlah besar saham secara terkendali untuk menghindari penaikan harga.
Dana bersama: penanaman modal dalam jumlah yang tetap secara teratur untuk di tanamkan kembali agar memperoleh dividen dan atau keuntungan dari selisih harga jual suarat berharga.

Acquisition
akuisisi istilah turunan dari pengambilan alihan suatu perusahaan oleh perusahaan lainya.

Actual Total Loss
Obyek pertanggungan yang benar benar hilang atau punah sehingga tidka terlihat lagi.

Modal Kerj Bersih Disesuaikan
Jumlah kas bank ,Aktiva lain lain setara dengan kas,piutang kecuali piutang kepada komisaris,direktur,pegawai atau pihak terafiliasi dan efek efek yang dinilai atas nilai pasar yang wajar di kurangi dengan jumlah hutang.

Inflation
adalah inflasi yang di ukur berdasarkan perubahan harga kategori kelompok barang barang yang di kendalikan oleh pemerintah(seperti Bbm,beras,gula).

Afiliasi
Hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua,baik secara horizontal maupun vertikal,hubungan antara pihak dengan pegawai,direktur,atau komisaris dari pihak tersebut.

Agen
sebutan bagi seseorang atau badan usaha yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan asuransi.


Agen Pembayaran Pembantu
Agen pembayaran yang di tunjuk oleh agen utama pembayaran untuk membantu melaksanakan pembayaran obligasi pokok beserta bunga.

Agen Penjualan
pihak yang menjual efek dalam suatu penawaran umum tanpa kontrak dengan emiten dan tanpa kewajiban untuk membeli efek.

Agen Utama Pembayaran
Wali amanat yang karena tugas dan fungsinya dalam mewakili pemegang obligasi bertugas untuk melaksanakan pembayaran obligasi beserta bunganya.

Agio
nilai yang di masukkan kedalam modal sendiri yang berasal dari selisih harga jual di kurangi nilai pari suatu emisi saham yang berasal dari dalam portepel dan dicatat di dalam perkiraan tersendiri yang juga bernama AGIO.


Agio Deviden (berasal dari bahasa belada)

(deviden agio) adalah deviden yang di bayarkan atas beban cadangan agio(premium reserve)

Afreement In Principle
Persetujan yang di berikan oleh menteri untuk melakukan persiapan pendirian Bursa efek, lembaga (persetujuan prinsip) kliring penyelesaian dan penyimpanan atau reksa dana.

Air Pocket stock
saham yang harganya turun secara tajam biasanya di sebabkan oleh berita berita yang negatif mengenai perusahaan tersebu seperti keuntungan yang sangat rendah yang tidak diperkirakan sebelumya.pada saat pemegang saham ramai ramai ingin mejual hnaya sedikit pemodal yang ingin membeli akibatnya harga saham semakin merosot.

Aktuaria
Prinsip prinsip penghitungan secara matematis yang lazim digunakan untuk menentukan besarnya kemampuan subyek dan nilai obyek di asuransikan.

AII Or None Order (amanat semua atau sama sekali tidak)
amanat jual atau bel surat berharga yang harus di lakukan oleh pialang sesuai amanat yakni harus dilaksanakan seluruhnya,jika hanya sebagian yang dapat dipenuhi,maka amanat dibatalkan.

AII risk
Model polis asuransi yang menanggung seluruh kerugian yang terjadi,klau di indonesia nilai pertanggungan yang di bayar adalah sesuai dengan harga yang di sepakatai dalam kontrak.

Penjatahan
suatu jumlah yang di setujui untuk di penuhi bagi setiap permohonan pembelian suarat berharga yang diajukan para pemodal sebagai akibat tidak terpenuhinya seluruh permohonan karena jumlah permohonan melebihi jumlah penawaran pada masa pasar perdana.penentuan jumlah yang di setujui berdasarkan suatu cara pembagia yang di anggap yang paling mendekati keadilan dan diharapka dapat memuaskan semua peserta.

Amanat Buku Bursa
amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan pada saat pembukaan penawaran.

Amanat Tutup bursa
amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan sesaat menjelang penutupan bursa berbunyi

Amortasi
prosedur akuntansi yang secara berangsung angsur mengurangi nila yang usianya terbatas atau harta tak berwujud melalui pembebanan berkala terhadap pendapatan.bagi harta tetap istilah yang di gunakan adalah penyusutan,bagi pertambangan (sumber alam) adalah deflasi, pada dasarnya arti kedua istilah tersebut sama dengan amortasi.pada umumnya perushaan melakukan penghapusan melalui amortasi untuk harta tak berwujud seperti Goodwill.juga lazim di lakukan amortasi terhadap setiap nilai yang di bayar di atas nilai pari atas pembelian saham istimewa (preferen)atau obligasi.ujuan amortasi adalah untuk mencerminkan nilai penjuaalan kembali atau penebusan.


Dana Uang

Pengumpulan uang yang di lakukan secara berkla untuk membayar utang.

Mata uang acuan
suatu mata uang yang dipilih stabilitasnya yang di harapkan dan di terima secara internasional.bagibnayak dewan mata uag,poundsterling Inggris dan Dolar Amerika Serikat telah menjadi suatau anchor currency.meskipun,ataubebrapa sistem yang mirip dengan mata uang ada sekarang atau sedang di usulkan menganggap mark jerman sebagai anchor  currency.mata uang acuan ini tidak harus dikeluarkan oleh suatu bank sentral.sedikit dewan mata uang yang telah menggunakan emas sebagai anchor currency.

Anggota bursa efek
perantara pedangan efek yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam dan mempunyai hak untuk mempergunakan hak untuk mempergunkan sistem dan tau sarana Bursa efek dengan peraturan Bursa Efek.

Anggota Kliring Berjangka
anggota bursa berjangka yang mendapat hak dari lembaga kliring berjangka untuk melakukan kliring dan mendapatkan penjaminan dalam rangka penyelesaian transaksi kontrak berjangka.

Anjak piutang
badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian dan pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri. (lihat : Factoring Company)

Rapat tahunan
rapat satu thunan para manger perusahaan yang melaporkan kepada pemegang saham tentang hasil kegiatan perseroan selama tahun berjalan,di dlam rapat ini biasanya dibahs juga tentang pemilihan dewan direksi untuk tahun yang akan datang,pejabat pimpinan pelaksan biasanya memberikan ulasan pandangan untuk tahun yang akan datang bersama pejabat senior mejawab pertanyaan para pemegang sham.

Laporan tahunan
suatu laporan mengenai kaeadaan keuangan perusahaan dalam jangka waktu 1 tahun,termasuk di dalam laporan ini antara lain nerca perusahaan, laporan laba/rugi dan neraca aryus kas.laporan ini harus di sampaika kepada para pemegang saham untu di setujui di dlaam RUPS untuk selanjutnya disahkan sebagai laopran tahunan resmi perusahaan.

Annum (Pertahun)
jangka waktu ya di pakai sebagai dasar untuk menentukan bunga ,deviden dan diskon.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 1:27 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Followers